Sebelum & Sesudah Kenal Programming

Dibuat pada Rabu, 07 Okt 2020, 00:00:00
Sharing-sharingPengalaman
Sebelumnya, saya masih bingung dalam panggilan yang akan di tuliskan disini. Apakah dengan kata saya atau gua atau mimin atau apalah wkwkwkw.

Bingung juga terkait pembahasaan yg akan dicantumkan di tulisan ini. Apakah baku/non baku atau formal/non formal. Belum lagi, saya kurang pandai dalam hal merangkai katakata hufft wkwkwk.

Aaaa yaudahla campur aja kali haha

Jadii, di post pertama gua ini. Gua mau sedikit ceritaa wkwkwkwk. Cerita yang isinya lebih ke history gua si, dan sebelum - sesudah kenal programming.

Mulai darimana yak ? Bingung wkwkwkw Sumpah kaku banget bikin blog beginian, soalnya emg gapernah bikin blog wkwkwk

Okelah, dimulai dari sini aja yak wkwkwk

Jadi, gua ini lulusan SMK jurusan TKJ. Sekarang kuliah di Univ Muhammadiyah Prof Dr.Hamka

Duluu tuu ceritanyaa kenapa bisa masuk TKJ yaa karena emak gua tau kalo gua suka oprek oprek android.

Bagi yg awam sama istilah itu. Cuma mau sharing aja (ngga bermaksud menggurui), Oprek android itu kayak semacam hal hal untuk memodifikasi android, bisa dari sisi software ataupun sisi hardware. Tapi gua sendiri lebih seneng ke sisi software. Gituu wkwkwk.

Oke lanjut cerita yak wkwkw. Waktu itu emak gua gabut dan coba untuk browsing kirakira yang cocok sama gua setelah lulus dari SMP itu gua kemanaa arahnya gituu. Akhirnya emak gua nyaranin gua untuk masuk TKJ Padahal menurut gua sendiri waktu itu, itukan gaada sangkut pautnya antara android dengan TKJ. Tapi emak gua bilang bahwasannya yaudaa dicoba aja dulu, masii samasama lingkup teknologi kan, gaada salahnya gitu untuk nyobaa. Yaudaa akhirnya gua cobaa

Dan bener aja, ketika sekolaa udah dimulai yaa gua benerbener buta sama dunia TKJ. Sempet berpikiran kayaknya "gua salah jurusan nih". Tapi dengan berpikiran kayak gitu bukan berarti gua pindah jurusan wkwkwk. Gua tetep jalanin ini semuaa

Adaa beberapa pelajaran yang gua kurang sukaii kayak perakitan pc, dll. Jujur ajaa, gua gapandai bongkar pc gitugituan wkwkwkwk

Ada juga beberapa pelajaran yang agak gua minatin. Yaitu hal hal yang berkaitan sama jaringan, gua lupa nama pelajarannya apa wkwkwk

Singkat cerita & seiring berjalannya waktu, gua menetapkan ke diri gua sendiri bahwasannya gua mau memperdalam ilmu di bidang jaringan komputer gituu, karena gua rasa itu cocok dan gua nyaman belajar itu (lebih ke menetapkan bahwa passion gua yaa ini)

Bagaimana dengan Programming ?

Jadi dulu di SMK gua ada pelajaran pemrograman web. Pertama si biasa aja sama pelajaran itu, tapi semakin kedepan gua ngerasa kayak ga minat aja gitu di pemrograman web karena pusing sama source code dan kurang selaras aja gitu sama apa yg udah dijelasin sama gurunya (Waktu itu, gua belum ada inisiatif untuk belajar dari luar kayak dari internet gitu). Makanya, untuk kedepannya gua lebih memilih untuk memperdalam jaringan komputer drpd programming gituu

Tapi kenapa sekarang gua lebih milih programming ? Pasca gua lulus dari SMK, gua memilih untuk kuliah karena gua belum siap untuk kerja & kebetulan orang tuapun menyarankan untuk kuliah

Yaudahlaa singkat cerita, gua kuliah di UHAMKA ambil jurusan Teknik Informatika. Masih sama dengan pemikiran sewaktu sekolah dan itu salah satu alasannya kenapa masuk teknik informatika Yaa karena mau memperdalam ilmu dibidang jaringan komputer

Tapi, ketika gua masuk semester 2, ada 1 dosen yang mengampu mata kuliah pemrograman gitu gua lupa sama nama mata kuliahnya haha. Ketika gua diajar sama dia, gua merasa kayak selaras aja gitu. dan berpikir kok seru si belajar programming. Dari situ udah mulai tumbuh rasa ketertarikan gua sama dunia programming

Masih di semester 2, waktu itu gua pernah dan mungkin kayaknya lagi gabut gituu. Gua coba browsing tentang dunia pemrograman web gitu. Alhasil gua nemu beberapa sumber untuk belajar web gituu. Terus gua coba pelan pelan belajar web secara otodidak. Monoton si belajar otodidak gitu, gaada mentor, ngga terarah dan gaada roadmap belajar. yaudaa belajar ajaa apa yang mau dipelajarin gituu.

Masuk ke semester 3. Gua ikut Himpunan Mahasiswa, dan menjabat sebagai anggota bidang IPTEK. Ada satu waktu yang dimana Himpunan gua ngadain program kerja yang bisa dibilang besar. Gua ditunjuk untuk membuat website terkait program kerja tersebut, bukan hanya sekedar website statis yang hanya menampilkan info, tetapi website dinamis yang bisa menerima pendaftaran online via website tersebut.

Awalnya ragu, karena merasa belum mampu, ilmunya belum sampai & takut tidak jadi websitenya. Tapi dengan masukan dan saran dari beberapa org akhirnya gua sadar bahwasannya disini kita samasama belajar dll, akhirnya gua memberanikan diri untuk mengambil project itu, project pertama gua wkwkwk

Setelah itu, gua ngajak 1 kaka tingkat untuk bantu gua ngerjain/ngarahin dlm pembuatan website ini. Tapi ditengah jalan, kaka tingkat ini sibuk dengan kerjaannya sehingga gua harus kerja ekstra. Gua bingung sebingung bingungnya orang bingung karena gatau apa yang harus gua lakuin + pasrah aja gitu. Akhirnya prosesnya jadi stuck.

Ngga lama setelah itu, akhirnya gua memutuskan untuk ngelanjutin projectnya dengan mengajak adik tingkat yang disaranin dari temen gua. Dia memang pandai dalam hal ini, gua banyak belajar dari diaa. Dan pada akhirnya websitenya udah jadi sekitar 90%.

Ketika posisi website yang sudah hampir jadi, pandemi pun muncul dan mengubah sedikit proker yang akan di adain. Akhirnya website menjadi tidak digunakan.

Tapi bukan berarti gua kesel ataupun apalah, gua menganggap proses ini semua sebagai pembelajaran. Pasca kejadian itu, gua mulai tau lebih dalam ohh dunia programming kayak gini toh. Yaudahlaa semenjak kejadian itu, gua lanjut belajar programming dengan feel yang benerbener tertarik

Dalam proses gua belajar, secara ngga sadar gua migrasi ke suatu bahasa pemrograman yang namanya javascript, gua memperdalam itu. Sebelumnya kan belajar bahasa pemrograman PHP karena proses pembuatan website proker himpunan gua itu menggunakan bahasa pemrograman PHP.

Di waktu yang sama, gua berpikir bahwasannya kenapa gua hanya sekedar belajar yaa, gaada output/karya/studi kasus yang gua bikin untuk implementasi apa yang udah gua pelajarin selama ini.

Akhirnya gua memikirkan untuk membuat sebuah portfolio gitu lah untuk value gua sendiri, pertama gua membuat personal website statis yang isinya mirip mirip CV gitu.

Setelah websitenya jadi, gua deploy laa website itu ke hosting gratis yang namanya gitlab pages. Tapi setelah itu, gua merasa kurang puas dan akhirnya memikirkan lagi kirakira pengen buat apa yaa. Akhirnya nemu idenya, yaitu pengen buat sistem akademik online sederhana dan sistem online shop sederhana.

Tapi seiring berjalannya waktu, gua merasa bahwasannya 2 project itu terlalu berat & terlalu cepat untuk dikerjakan dengan kondisi gua yang masih bisa dibilang "baru belajar". Akhirnya terpikirkanlah untuk bikin personal website yang isinya lebih ke blog gitu. Jadilah website ini yang skrg kalian sedang baca.

Niat awal membuat website ini adalah untuk mendokumentasikan apa apa yang udah gua pelajarin selama ini. Tapi ngga tau kedepannya website ini akan menjadi seperti apa. Intinya sih Insya Allah website ini terus dan terus melakukan pembaharuan & inovasi untuk diri gua dan orang lain.

Yaa beginilah kirakiraa perjalanan, pengalaman dan feel gua ketika belum mengenal programming dan sesudah mengenal programming wkwkwk

Terimakasii sudah meluangkan waktunya untuk ngebaca tulisan yang 'mungkin' ngga penting juga buat kaliaan wkwkwk. Jikalau ada salah satu dari kalian yang merasa termotivasi atau merasa tertarik dengan dunia programming yaa syukur Alhamdulillah.

Tentang

Code-in Doi dulu adalah media untuk mendokumentasikan apa yang sudah saya pelajarin tentang web programming.

Juga sebagai tempat untuk sharing sharing hal lain


Ⓒ 2020 Code-in Doi